In Home Personal Trainer:

Address: Kang Sablon

Open: 7:30 AM - 5:30 PM

Galeri Rakian

Untuk usaha sablon manual sangat penting sekali untuk Mengetahui alat sablon yang di gunakan , dan fungsi alat alat tersebut sangat berpengaruh terhadap hasil akhir dimana kita nyablon. Jika sudah melihat artikel sebelum nya tentang perkenalan dan belajar sablon untuk usaha.

maka artikel ini tentang perkenalan alat – alatnya, Ada beberapa jenis alat yang wajib kalian miliki , dan kita akan rincikan beserta kisaran harga alat tersebut dan apa saja kita rincikan , jangan lupa untuk subcribe youtube Galeri Rakian.

youtube : galeri rakian

1.cat sablon

cat sablon ada beberapa jenis cat , dari rubber , plastisol dan juga dischart , penting nya memilih cat yang berkualitas dan tahan lama untuk meningkatkan kepercayaan pelangan agar bisa repeat order di kemudian hari dan harga cat bervariatif untuk per 1kg nya dari mulai 25ribu – 100rb untuk cat rubber , dari 50rb – 130rb untuk cat plastisol dan untuk cat sablon dischart dari mulai 70rb – 130rb an , dan harga rata – rata di pasaran tidak menutup kemungkinan lebih mahal atau lebih murah , tergantung warna sangat solid dan ketahanan yang kuat.

2. Obat afdruk beserta kalium nya

Obat afdruk biasa jika membeli beserta kalium nya , dan fungsi obat afdruk untuk membalur screen atau cetakan agar tercetak desain yang di inginkan , obat afdruk jga ada jenis nya , yaitu berbasis air atau minyak , berbasis air di gunakan biasanya untuk cat rubber dan berbasis minyak di gunakan untuk plastisol , tapi tidak perlu khawatir memilih obat afdruk mau yang mana , karna basis tersebut hanya ketahanan saat kita gesut ribuan pcs , saya sendiri sering mengunakan berbasis minyak karna sering nya saya menyablon dengan cat plastisol. dan harga rata – rata dari mulai 25rb – 80rb untuk 1kg obat afdruk dan beserta kalium nya dan pencampuran nya 1:1 untuk mengunakan nya.

3. Rakel

Rakel adalah alat gesut , yang di gunakan ke screen untuk mengesut kaos yang aka kita sablon , rakel sendiri bervariati ada rakel dari bahan kayu dan serta berbahan alumunium , tidak berpengaruh mau yang di pakai mana , hanya perbandingan nya berat dan ringan nya rakel tersebut serta kenyaman nan saat mengengam , dan untuk segi karet nya ada yang kotak dan juga lancip , untuk yang kotak sangat nyaman jika kita menyablon dengan cat plastisol dan jika yang lancip biasa di gunakan untuk rubber. dan kisaran harga untuk rakel juga dari mulai 30rb – 300rb tergantung panjang serta rakel kayu atau alumunium dan biasanya yang alumunium lebih mahal di bandingkan yang kayu.

4. Screen

Screen adalah alat sablon untuk di gunakan menaruh cat di screen lalu di sablonkan ke kaos dan kain yang melekat di screen adalah monil yang putih tersebut , untuk screen juga ada yang kayu dan yang alumunium serta untuk monil nya ada jenis keraptan, dan biasanya di awali dengan huruf T yaitu TEBAL atau Thick contoh jika menemukan dengan code screen T16 berarti pori – pori monil tersebut sangat besar dan semakin angka nya membesar semakin rapat pori – pori Monil tersebut contoh T120 berarti pori – pori monil tersebut kecil dan seterusnya. kisaran harga untuk screen tersebut kisaran harga 30rb sampai 200rb tergantung jenis kayu dan alumunium serta kerapatan monil tersebut.

5. Meja Sablon

pasti pusing juga kan ya , dan meja sendiri ada jenis nya jga loh , ngopi dulu ya sambil baca hehe. Oke meja sendiri ada 3 jenis meja sablon , meja Sablon Thailand , meja Sablon Rel dan meja Sablon rotary , kita bahas dari meja Sablon thailand saya sendiri memakai meja sablon tersebut dan perbedaan dari meja sablon lain adalah dari knok atas dan bawah sedangkan untuk meja rell di bagian bawah nya tidak ada knok dan nyablon cara dengan di rell , dan untuk rotarry yaitu meja sablon yang memutar dan saya sarankan untuk meja sablon untuk memakai meja thailand karna cocok bagi pemula atau pun yang sudah mahir karna meja thailand jarang untuk geser dsain menyablon dan selalu presisi. dan kisaran meja sablon yang saya tau dari meja thailand satu meja nya 700rb – 1jta dan makin banyak meja maka makin mahal lagi.

6. Lem Meja

lem sendiri sangat lah penting untuk merekatkan media kain atau kaos ke meja sablon . agar tidak bergeser saat menyablon , dan untuk lem ada 2 jenis sama lem stiker , dan saya sarankan untuk memakai lem meja khusus untuk kaos yang biasa di jual toko pralatan sablon , jika memakai lem stiker sangat tidak cocok jika kita menyablon dengan lem plastisol . jadi jangan sampai ketuker ya pilih lem , dan untuk lem sstiker biasa untuk rubber yang tidak memerlukan panas hotgun . dan kisaran harga lem tersebut dari 15rb – 40 rb an tergantung toko yang menjual.

7. Hot gun dan hairdryer

ada fungsi dari kedua alat tersebut ,hot gun untuk mengeringkan sablon plastisol dan hairdryer untuk rubber , ada kisah lucu dari saya , karna dulu saya otodidak tidak mengetahui bahwa sablon plastisol memakai hot gun dan akhirnya saya keringkan dengan hairdryer , jelas salah besar karna sablon plastisol hanya bisa di keringkan dengan suhu panas dan biasa di pake dengan hot gun , atau alat lain seperti curing yang panas nya bisa merata ke dsain sablon yang di keringkan. dan untuk hairdryer hanya hangat doang dan biasa di pake untuk mengeringkan sablon rubber atau mengeringkan screen yang basah dari baluran obat afdruk atau screen yang bekas cuci agar mau cepat – cepat kering. kisaran harga hotgun dari 150rb – 800rb an tergantung merek dan saya sendiri harga kisaran 350 rb , untuk hairdyer dari 20rb an hingga 100rb an.

8. HOT PRESS

Hot press sendiri sangat penting karna untuk akhir maksimal dan finising sendiri di tentukan dengan hotpress karna hot press memproses kematangan sablon dan berlaku untuk sablon plastisol dan dischard , jika untuk rubber suhu jgan terlalu panas cukup untuk merapikan doang kaos . dan harga untuk hotpress dari kisaran 3juta sampai 6jtaan tergantung merek dan toko yang menjual.

9. Solar atau minyak kelapa

solar atau minyak kelapa berfungsi untuk membalur kertas HVS sebagai media film agar terlihat transfaran dan menempelkan nya ke hasil baluran obat afdruk di screen dan di sarankan mengunakan solar jika ingin memakai HVS , bisa juga media film dengan kalkir jadi tidak perlu memakai solar atau minyak kelapa tersebut , dan solar sendiri bisa membersihkan bekas sablon plastisol jika hendak di cuci screen tersebut. kisaran harga minyak lagi mahal loh hahahah 20rb – 50rb an per liter nya.

10. Hardwere Penunjang dsain

karna saya tidak menyewa ke warnet untuk mencetak dsain atau pun ke tukang setting karna mempunyai sendiri alat tersebut , yaitu komputer , printer dan juga kertas . kisaran harga cek aja di online karna sangat variatif dan jika tidak mempunyai alat tersebut , cukup ke tukang setting ata percetakan untuk print media film dan print memakai kalkir ataupun HVS.

Dan masih banyak lagi sih alat – alat yang di butuhkan yang mungkin sifat nya Oposional atau tidak terlalu wajib tapi membutuhkan , dan kita bahas lebih lengkap cara praktek di youtube saya Galeri Rakian atau di fanspage Facebook itulah artikel tentang Belajar dan mengetahui Alat Sablon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.